Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Kota Hantu Teratas di Montana yang Harus Anda Jelajahi

Di Amerika Barat pada tahun 1800-an, banyak kota-kota kecil tampaknya tumbuh dalam semalam karena penambangan emas, tembaga, dan mineral serta bijih lainnya.

14 Kota Hantu Teratas di Montana yang Harus Anda Jelajahi


Begitu bijih habis, "kota-kota yang berkembang pesat" ini tampaknya menghilang secepat mereka datang, meninggalkan tambang yang terlupakan, bangunan tua, dan seluruh kota lengkap dengan jalan, rumah, dan bisnis.


Ini disebut " kota hantu ".


Tersebar di negara bagian Montana yang luas terdapat lusinan kota hantu ini , dengan sangat sedikit atau tidak ada penduduk yang tersisa untuk memelihara bangunan.


Beberapa dari kota ini benar-benar berantakan, sementara beberapa telah dipugar atau dilestarikan sebagai penanda sejarah. Beberapa bahkan mungkin dihantui! Jika Anda ingin mundur ke masa lalu dan belajar tentang sejarah Montana, mengunjungi kota hantu harus menjadi daftar teratas Anda.



Kota hantu di Montana


1. Kota Kastil

Rumah terbengkalai di Castle Town di Montana


Pernah menjadi kota penambangan perak yang berkembang pesat, Castle Town memiliki hampir 1.000 klaim atas tambang di area tersebut hanya dalam waktu tujuh tahun! Tambang perak pertama digali pada tahun 1884, dan pada tahun 1891 menjadi kota penuh dengan bisnis, rumah, sekolah, dan tentu saja salon.


Lebih dari 2.000 orang tinggal di Castle Town pada masa puncaknya, termasuk Calamity Jane yang terkenal.


Nama aslinya adalah Martha Jane Cannery Burke, tetapi Calamity Jane mendapat julukannya karena pengejaran dan petualangannya di sekitar Amerika Barat. Dia dan suaminya datang ke Castle Town untuk membuka restoran, tetapi itu berumur pendek karena "hutang buruk" dan mereka akhirnya pergi dalam beberapa bulan.


Yang tersisa dari Castle Town, setelah kematiannya yang cepat akibat "kepanikan perak" pada tahun 1893 dan akhirnya benar-benar ditinggalkan pada tahun 1930-an, hanyalah beberapa bangunan kayu tua yang terancam runtuh.


Situs kota terletak di tanah pribadi di jalan tanah yang kasar, jadi jika Anda ingin berkunjung, Anda harus meminta izin dari pemilik tanah.


Kota besar terdekat adalah ibu kota negara bagian, Helena, sekitar 100 mil jauhnya ke arah barat.


2. Garnet

Interior rumah kosong di Garnet Montana


Terletak 11 mil di jalan tanah dan 20 mil penuh dari dekat Missoula, Garnet pertama kali dimasukkan sebagai kota pertambangan pada tahun 1890-an, meskipun penambang pertama diperkirakan sudah ada sejak tahun 1860-an.


Saat ini, ini adalah salah satu kota hantu yang paling terpelihara di Montana dan memiliki lebih dari 180 bangunan, situs, dan struktur yang tersedia untuk dilihat.


Garnet memiliki sebanyak 1.000 orang yang tinggal di sana pada tahun 1898, tetapi 20 tahun kemudian tambang emas tersebut habis dan sebagian besar penduduk meninggalkan kota tersebut. Kebakaran dahsyat pada tahun 1912 menghancurkan hampir separuh kota dan bangunan itu tidak pernah dibangun kembali, meskipun sisa-sisa hangusnya masih ada.



Kota Hantu Garnet di Montana

Hampir 16.000 orang mengunjungi kota hantu Garnet setiap tahun, dan Biro Pengelolaan Lahan Amerika Serikat memiliki dan memelihara situs tersebut.



Anda akan menginginkan kendaraan all-wheel-drive atau izin tinggi untuk mengunjungi Garnet, dan selalu periksa cuaca sebelum Anda pergi karena kota ini berada di ketinggian hampir 6.000 kaki, sehingga salju dapat turun kapan saja sepanjang tahun!


3. Pendingin

Sebuah toko tua di Coolidge, Montana

Tepat di sebelah selatan Butte modern terletak kota Coolidge yang dulunya rajin, sekarang menjadi kota hantu terlantar. Coolidge dulunya merupakan tempat deposit perak terbesar di Montana, tetapi pada masa puncaknya hanya memiliki populasi sekitar 350 orang.


Pendiri kota pertambangan kecil ini, William R Allen, dulunya seorang politikus namun berganti karir menjadi seorang pencari emas di awal tahun 1900-an.


Dia menamai kamp pertambangan barunya dan kota berikutnya dengan nama temannya Calvin Coolidge, Presiden ke-30 Amerika Serikat.


Pada tahun 1922, ada sekolah, beberapa rumah kayu, toko, kantor pos, dan bahkan layanan telepon. Harga perak turun tajam pada tahun 1923 dan menutup tambang, dan kota itu segera ditinggalkan.


Sisa-sisa Rumah di Kota Hantu Coolidge, Montana

Kabin kayu tua dan bangunan bobrok lainnya berantakan karena alam mengambil kembali tanahnya; sejak jatuhnya kota, tidak ada pelestarian atau renovasi yang dilakukan.


Anda tidak dapat mencapai Coolidge hanya dengan mobil, tetapi Anda bisa berada cukup dekat. Pendakian satu mil diperlukan untuk melihat sebagian besar bangunan dan situs kota, tetapi itu lebih dari sepadan jika Anda tertarik dengan sejarah Montana.


4. Kolom


Hanya beberapa mil dari Garnet terdapat reruntuhan Coloma; tidak seperti Garnet, tidak banyak yang diketahui tentang kota hantu ini. Penduduk datang dan pergi begitu cepat sehingga tidak ada catatan permanen yang disimpan, atau jika ada, mereka dihancurkan pada tahun-tahun berikutnya. Diketahui bahwa ada beberapa tambang emas yang menguntungkan di sana pada akhir tahun 1890-an, dan beberapa upaya dilakukan untuk menambang lagi pada awal tahun 1900-an, tetapi sejak itu tidak ada emas yang ditemukan di sana.


Atau pernah ada? Coloma adalah tempat misterius, terletak di tanah publik dan hanya ada beberapa bangunan kayu yang berdiri atau setengah runtuh. Bangunan kecil di pintu masuk tambang berantakan, tetapi dikabarkan bahwa orang masih datang dan mencari emas di sana setiap musim panas.


Diperkirakan emas senilai $200-250.000 ditemukan di tambang ini, jadi tidak mengherankan jika orang-orang tua dari Missoula terdekat dan kota-kota lain menyimpan rahasia mereka tentang kota hantu ini. Untuk sampai ke Coloma membutuhkan perjalanan panjang di jalan tanah yang kasar dan pendakian singkat ke reruntuhan, dan pemukiman tua ini akan menyimpan rahasianya selama beberapa dekade mendatang.


5. Bannack

Rumah terbengkalai di Bannack, Montana

Situs kota hantu yang terpelihara dan terpelihara dengan baik ini sekarang menjadi Bannack State Park; awalnya menetap pada tahun 1862, Bannack sempat menjadi ibu kota Wilayah Montana hingga tahun 1864.


Pada puncak masa jayanya, Bannack memiliki lebih dari 10.000 penduduk tetapi secara mengejutkan terpencil pada saat itu, terhubung ke dunia luar melalui Jalur Montana.


Bannack adalah kota yang berkembang pesat, dengan beberapa hotel, salon, toko kelontong, beberapa kandang kuda, dan beberapa toko roti. Semua bangunan terbuat dari batu bata atau kayu gelondongan, dan saat ini masih berdiri 60 bangunan yang dipelihara oleh para relawan.


Situs kota hantu Bannack ditambahkan ke daftar Tempat Bersejarah Nasional pada tahun 1961.


Kursi tukang cukur tua di Bannack, Montana

Kabin terbengkalai di Bannack, Montana

Penghuni permanen terakhir yang pergi pada tahun 1970-an, sebagian besar pindah ke Dillon terdekat yang hanya berjarak 30 menit. Sekarang sebagai taman negara bagian, karyawan dan sukarelawan mengadakan "Hari Bannack" setiap akhir pekan terakhir di bulan Juli, menghidupkan kembali dan membayangkan kehidupan sebagai penambang di tahun 1860-an.


Apa yang dulunya merupakan kota pertambangan yang berkembang pesat sekarang menjadi situs bersejarah, nyaman bagi pengunjung dan mudah dijangkau dengan mobil.


6. Komet

Bangunan Kota Hantu Komet di Montana

Comet didirikan sebagai kota pertambangan lain pada tahun 1880-an, dan tambang di daerah tersebut menghasilkan deposit bijih lebih dari $20 juta! Itu angka yang hampir tak terbayangkan pada masa itu. Emas, perak, seng, tembaga, dan timbal semuanya ditambang di sini dan tambang-tambang tersebut aktif sampai tahun 1941, meskipun sebagian besar tambang ditutup dan populasinya menyusut pada tahun 1913.


Sisa-sisa kota yang dulunya besar ini tersebar di sekitar 35 hektar, di kedua sisi bernama High Ore Creek. Anda bisa sampai di sini dengan mobil, dan jaraknya hanya 40 mil berkendara dari Helena, ibu kota negara bagian Montana. Banyak bangunan yang runtuh atau dalam kondisi berbahaya, jadi jelajahi dengan risiko Anda sendiri! Kota hantu Komet benar-benar ditinggalkan kecuali satu tempat tinggal aktif; penghuninya sedikit misteri.


Masa kejayaan komet terjadi pada tahun 1890-an, ketika bijih kaya ditambang ratusan pound setiap hari dan hingga 300 orang tinggal di sini penuh waktu. Dua lusin bangunan tetap berdiri, dan bisikan sejarah masa lalu hidup di dalam dindingnya.


7. Aldridge


Aldridge adalah kota hantu yang terletak hanya beberapa mil dari pintu masuk utara Taman Nasional Yellowstone, dan pada puncaknya merupakan kota pertambangan batu bara. Bijih besi juga diproduksi di Aldridge dan tambang terdekat, dan hingga 50 ton batu bara dan besi dikeluarkan dari tambang setiap hari! Kamp kota dan pertambangan di dekatnya mengalami beberapa perubahan nama selama bertahun-tahun; dari Horr, ke Electric, dan kemudian ke Aldridge.


Keberhasilan Aldridge seringkali kacau - pekerja tambang sering melakukan pemogokan untuk upah yang lebih tinggi dan akhirnya, tambang terpaksa ditutup karena hutang macet dan masalah uang. Townsite menjadi kota hantu hampir dalam semalam, dan meskipun beberapa bangunan dibiarkan berdiri, kondisinya buruk dan sebagian besar telah runtuh atau hancur menjadi tumpukan sampah.



Kota besar terdekat adalah Livingston dan Bozeman, sedangkan kota kecil pintu masuk taman nasional Gardiner hanya berjarak 15 km dengan mobil. Kembali ke masa kejayaannya, Aldridge cukup terpencil dan sulit diakses tetapi hari ini mudah ditemukan melalui jalan tanah. Tidak banyak yang bisa dilihat, tapi mungkin masih ada beberapa harta karun yang mungkin menarik bagi Anda para penggemar sejarah!


8. 

mranit

Kabin terbengkalai di Granite, Montana


Kota hantu lain yang telah dibeli dan dikelola oleh negara bagian Montana, Granite pernah menjadi kota perak yang berkembang pesat dan sekarang dikenal sebagai Granite Ghost Town State Park.


Hanya beberapa mil dari kota Phillipsburg yang menawan, Granite benar-benar sepi meskipun beberapa bangunannya telah terpelihara dengan baik dan terbuka untuk pengunjung.


Granit tumbuh menjadi 3.000 penduduk yang luar biasa dalam waktu singkat, dan penambangan perak sangat menguntungkan. Untuk periode waktu, itu cukup modern; ada perpustakaan, hotel, rumah sakit, sekolah, dan banyak lagi.


Sebagian besar peninggalan saat ini adalah bangunan setengah runtuh, seperti Aula Penambang, dan hanya bagian luar bata yang tersisa.


Sebuah rumah runtuh di Granite, Montana

Mengunjungi Granit membutuhkan perjalanan melalui jalan tanah yang cukup berangin, tetapi jalan setapak di sekitar struktur mudah digerakkan oleh pengunjung.


Untuk sementara, tambang di dekat Granit adalah tambang perak terkaya di dunia! Ada satu urat padat yang menghasilkan lebih dari $40 juta bijih perak. Sayangnya, ketika harga perak merosot pada tahun 1893, kota itu tenggelam bersamanya dan hampir ditinggalkan tak lama kemudian.


Tidak ada lagi yang tinggal di Granite, dan ini adalah kota hantu sejati yang memamerkan sejarahnya yang kaya melalui sisa-sisanya.


9. Elkhorn

Bangunan bersejarah di Elkhorn, Montana

Meski 10 orang masih tinggal di kota kecil Elkhorn, kota itu masih dianggap sebagai kota hantu. Beberapa kabin telah direnovasi dan ditinggali selama beberapa tahun.


Bangunan kota yang tersisa dan daerah sekitarnya dianggap sebagai bagian dari Elkhorn State Park, dan beberapa bangunan terbuka untuk dijelajahi pengunjung.


Bangunan kayu tua masih indah di usianya yang sudah lanjut, dan Fraternity Hall dan Gillian Hall sangat terawat dengan baik.


Selama periode puncaknya, Elkhorn memiliki hingga 2.500 orang yang tinggal di sini, sebagian besar dari mereka menambang deposit perak di dekatnya. Sama seperti semua kota booming perak lainnya di Montana, ketika harga perak turun pada tahun 1893, kota itu mati bersamanya.


Epidemi difteri memuakkan dan akhirnya menyebabkan banyak kematian, terutama anak-anak, pada tahun 1888 dan kota itu tidak pernah pulih sepenuhnya. Begitu layanan kereta api berhenti di daerah itu, banyak penduduk kota akhirnya pindah tak lama kemudian. Dan akhirnya, begitu tambang ditutup, kota itu ditinggalkan untuk selamanya.


Pemandangan bersalju di Elkhorn, Montana



Beberapa orang telah pindah kembali ke Elkhorn di kabin yang telah direnovasi, tetapi sebagian besar kota tetap menjadi reruntuhan.


10. Rimini

Di pegunungan terjal 12 mil tenggara Helena terdapat kota hantu kecil Rimini, yang diduga dinamai menurut nama kota Italia dengan nama yang sama. Rimini adalah situs salah satu distrik pertambangan tertua di seluruh Montana, tempat perak pertama kali ditemukan di sini pada tahun 1864. Pada tahun 1890, kota ini menjadi rumah bagi 300 penduduk, kebanyakan penambang dan keluarga mereka.


Seperti kebanyakan kota pertambangan yang berkembang pesat di Montana, populasi Rimini perlahan menyusut karena tambang tidak lagi menghasilkan bijih yang cukup, atau harga telah turun drastis sehingga tidak lagi menguntungkan. Baru-baru ini pada tahun 2012, ada beberapa penduduk tetap Rimini dan beberapa pengunjung musim panas paruh waktu.


Kota Rimini menggunakan beberapa nama berbeda selama bertahun-tahun, seperti Lewis dan Clark, Bear Gulch, Vaughn, dan Colorado. Pada puncaknya, area tersebut mendukung lebih dari 100 ranjau! Saat ini, kota ini masih sedikit aktif sejauh kota hantu pergi, dengan bangunan lama dan baru masih berjejer di jalanan. Banyak bangunan tua telah dipugar, sementara yang lain masih terlihat seperti puluhan tahun yang lalu.


11. Tembagapolis

Namanya cukup jelas – Copperopolis pernah menjadi kota pertambangan tembaga. Hanya beberapa lusin keluarga yang tinggal di sini pada puncaknya, dan mereka dengan cepat menguras tambang tembaga lodes mereka.


Tambang-tambang tersebut berproduksi dari awal tahun 1890-an hingga 1903, ketika harga tembaga turun drastis akibat depresi ekonomi di Jerman sehingga tambang terpaksa ditutup. Keluarganya pindah, dan Copperopolis menjadi kota hantu.


Ada desas-desus bahwa hanya dua pria yang tersisa di kota setelah para penambang pergi. Diceritakan bahwa kedua pria ini sangat membenci satu sama lain, sedemikian rupa sehingga mereka bahkan mengatur waktu kunjungan mereka ke mata air terdekat agar tidak pernah bertemu satu sama lain. Saya mengagumi, untuk satu, mengagumi tingkat kepicikan itu.


Semua bangunan telah dirobohkan kecuali satu kabin. Yang tersisa hanyalah beberapa pondasi dan balok-balok kayu yang berserakan dari kabin-kabin yang diruntuhkan.


Copperopolis hampir sama dengan kota hantu!


Itu benar-benar di antah berantah, juga, berada di luar jalan tanah yang sepi di dekat Highway 12, dan bermil-mil jauhnya dari kota nyata mana pun. Kota besar terdekat adalah Bozeman, dengan banyak kota kecil lainnya di dekatnya.


12.Louisville


Salah satu dari satu-satunya kota hantu di Montana yang akhirnya dihuni oleh imigran Tionghoa-Amerika, Louisville dinamai sesuai nama pendiri aslinya, Louis Barrette.


Hanya beberapa mil di timur Helena, para pendiri memulai Louisville sebagai kamp pertambangan sebelum meninggalkannya sekitar tahun 1870. Para imigran Cina pindah tak lama kemudian, melarikan diri dari Idaho setelah menghadapi prasangka ekstrim di kamp pertambangan mereka di sana.


Meskipun Louisville sebagian besar ditinggalkan ketika para imigran Cina tiba, mereka segera menjadikan kota kecil itu sebagai rumah bagi diri mereka sendiri.


Penduduk setempat sedikit ragu untuk menerima pendatang baru ini, tetapi orang Cina akhirnya membuat pemukiman mereka sendiri di sungai kecil di atas Louisville. Penduduk setempat datang untuk menyebutnya "Cina Gulch" .


Meskipun para imigran menghadapi prasangka di Montana, mereka sebagian besar hidup dengan damai di China Gulch dan Louisville selama bertahun-tahun.


Akhirnya, penambangan mengering seperti di kebanyakan kota hantu, dan Louisville ditinggalkan selamanya. Pada tahun 2008, para arkeolog menggali di sekitar area tersebut dan menemukan rumah batu, kaleng opium, perapian, botol, dan ratusan tulang sup.



13. Taft

Tidak semua kota hantu di Montana bermunculan di sekitar tambang; banyak yang dibangun di sepanjang rel kereta api dan menjadi titik arah populer di sepanjang perjalanan ke Barat.


Taft dulunya adalah kota kereta api yang berkembang pesat, dan dinamai sesuai nama Presiden William H Taft. Kota hantu kecil ini terletak di sepanjang Interstate 90 sekarang, tepat di sebelah timur perbatasan Idaho/Montana.


Ironisnya, kota itu dinamai setelah Sekretaris Perang Taft berhenti di sini dalam perjalanannya ke Barat, dan melihat keadaan kamp yang suram, memarahi orang-orang di sana karena merusak lanskap Amerika. Kerumunan parau menganggap ini lucu, dan tak lama kemudian menamai kamp itu dengan Taft.


Kota ini awalnya dibangun untuk menampung pekerja kereta api, yang sedang membangun Terowongan St Paul Pass sepanjang hampir 2 mil di dekatnya. Setelah terowongan dan rel kereta api selesai dibangun, banyak penduduk kota/kamp pindah.


Juga tidak banyak yang tersisa dari kota hantu; pada tahun 1910, kebakaran besar melanda daerah tersebut dan menghancurkan apa yang tersisa dari rumah dan bangunan setelah ditinggalkan.


14. Kuda poni


Bisa dibilang nama paling lucu dari kota hantu mana pun di Montana, Pony dinamai salah satu pendiri dan penambang asli, Tecumseh Smith, yang mendapat julukan "Pony" karena ukurannya yang kecil dan temperamennya yang pendek. Sekitar setengah jalan antara Bozeman dan Butte, Anda dapat mengakses kawasan kota hantu Pony dari jalan tanah di bawah bayang-bayang Gunung Hollowtop.


Pemukim dan penambang datang ke daerah itu pada tahun 1860-an dan menambang emas serta mineral dan bijih lainnya. Sebanyak 5.000 orang akhirnya tinggal di Pony pada satu waktu, dan kota itu makmur dan berkembang selama periode waktu tersebut.


Banyak bangunan asli yang masih berdiri, meliputi area seluas sekitar 192 hektar. Area tersebut merupakan distrik bersejarah yang ditunjuk, dengan 95 bangunan yang dikelola oleh sukarelawan dan penduduk sekitar. Beberapa bangunan bata dan kayu masih dalam kondisi yang cukup baik, mengingat usianya. Meskipun kota pertambangan Pony telah ditinggalkan pada tahun 1922 setelah tambang ditutup, Anda masih dapat berjalan melewati sisa-sisa dan membayangkan diri Anda kembali ke masa lalu.


Sebelum kamu pergi

Kota hantu bisa menjadi tempat favorit (permainan kata-kata) bagi penggemar sejarah dan penggemar arkeologi. Untuk kota-kota yang terletak di tanah publik, Anda dapat berjalan di antara reruntuhan dan membayangkan seperti apa kehidupan perintis ini. Banyak dari mereka adalah penambang yang mencari kekayaan emas dan perak dan bijih lainnya, dan sementara banyak yang berhasil, lebih banyak lagi yang tidak. Kota-kota yang bermunculan di sekitar tambang ini dapat dengan cepat menemui ajalnya ketika tambang ditutup.


Begitulah cerita berulang kali untuk hampir setiap kota hantu di Montana. Menjadi kaya, booming dalam semalam dengan ribuan orang datang untuk mendapatkan bagian mereka, lalu menghilang hampir dalam semalam ketika bijih habis. Apa yang tertinggal adalah bangunan dalam berbagai kondisi rusak dan tidak digunakan, dan bahkan mungkin satu atau dua hantu, jika Anda tidak beruntung menemukannya!


Mengunjungi salah satu kota hantu Montana dapat memberi Anda gambaran sekilas ke masa lalu dan mengingatkan kita semua tentang sifat cepat mencari kekayaan di bawah tanah. Yang tersisa hanyalah gema para penambang pemberani ini dan keluarga mereka di antara bangunan dan kabin terlantar.


Untuk tujuan yang lebih menyeramkan, pergilah ke: Arizona Ghost Towns: Top Creepiest Abandoned Places

Posting Komentar untuk "14 Kota Hantu Teratas di Montana yang Harus Anda Jelajahi"