Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perjalanan Berkelanjutan - Keselarasan dengan lingkungan

Perjalanan Berkelanjutan - Keselarasan dengan lingkungan

Mulai dari transportasi dan operasional hingga arsitektur dan desain, inisiatif keberlanjutan dalam industri perjalanan dapat membantu melindungi tempat-tempat yang kita cintai, sekaligus menjaga kesehatan masyarakat, satwa liar, dan sumber daya alam. Perjalanan berkelanjutan adalah perjalanan yang didasarkan pada nilai-nilai dan pengelolaan lingkungan.


Sebagai organisasi perjalanan, tim Anda memiliki kesempatan untuk mendukung perjalanan global menuju Net Zero, dan melibatkan komunitas perjalanan Anda di setiap langkahnya. Di sini, kami akan mengasah berbagai elemen perjalanan berkelanjutan, peran teknologi dalam keberlanjutan, dan upaya terkini dalam industri yang benar-benar menginspirasi .


Menjelajahi elemen Perjalanan Berkelanjutan

Perjalanan berkelanjutan adalah filosofi yang mencakup semua yang meluas ke operasi organisasi perjalanan dan pilihan para pelancong itu sendiri. Keberlanjutan dapat terjalin ke dalam setiap aspek pengalaman perjalanan, mulai dari transportasi hingga akomodasi, aktivitas rekreasi hingga makanan dan santapan . Dan ritme perjalanan sama pentingnya, karena pariwisata yang berlebihan dapat memberikan tekanan yang sangat besar pada lingkungan, situs bersejarah, dan komunitas lokal. 


Semakin banyak, solusi teknologi - bersama dengan transparansi dari merek global - menawarkan visibilitas ke upaya lingkungan di seluruh industri untuk membantu wisatawan membuat keputusan yang lebih tepat . Wisatawan kini memiliki akses yang lebih besar ke informasi tentang emisi maskapai penerbangan, operasi perhotelan, dan investasi filantropis, yang memberi wisatawan kemampuan untuk memasukkan keberlanjutan ke dalam setiap tahap perjalanan mereka.


Wawasan Keberlanjutan Traveler 2022

Untuk gambaran data saat ini seputar perjalanan berkelanjutan, berikut adalah Laporan Perjalanan Berkelanjutan 2022 yang baru saja diluncurkan oleh Booking.com . Laporan tersebut mensurvei lebih dari 30.000 pelancong dari lebih dari 30 negara di seluruh dunia, memberikan info tentang sentimen perjalanan seputar keberlanjutan. Beberapa wawasan:


75% wisatawan mencari transportasi yang lebih ramah lingkungan saat bepergian

38% responden mengatakan bahwa mereka secara aktif mencari informasi tentang fitur keberlanjutan akomodasi saat memesan

54% akan tertarik dengan filter pemesanan yang menyoroti akomodasi dengan sertifikasi keberlanjutan

Wawasan Keberlanjutan Wisatawan


Studi tersebut menunjukkan bahwa lintas transportasi, akomodasi, dan pemrograman, para pelancong semakin berupaya untuk menjadi pendorong kebaikan dalam industri perjalanan . Namun, ini juga menunjukkan bahwa meskipun ada minat, banyak pelancong tidak tahu ke mana harus mencari untuk menemukan pilihan perjalanan yang ramah lingkungan .


Menyadari hal ini, Booking.com mengambil langkah besar untuk menghadirkan informasi keberlanjutan kepada audiensnya. Situs tersebut baru-baru ini meluncurkan lencana Perjalanan Berkelanjutan, menyoroti akomodasi yang mencontohkan praktik berkelanjutan di berbagai kriteria, termasuk penerapan energi terbarukan, menghilangkan plastik sekali pakai, dan berinvestasi dalam upaya konservasi.


Peran teknologi dalam Perjalanan Berkelanjutan

Solusi teknologi siap untuk memainkan peran kunci dalam membantu organisasi global, pemerintah, dan pelancong melakukan bagian mereka untuk melindungi lingkungan. Misalnya, inovasi digital seperti teknologi nirsentuh sangat penting dalam menjaga kesehatan masyarakat selama krisis COVID . Alat-alat ini akan terus melindungi individu dan komunitas, sekaligus membantu pusat perjalanan seperti bandara, hotel, dan restoran merampingkan operasi mereka dan semakin mengurangi penggunaan kertas.


Teknologi inovatif juga dapat menyempurnakan desain bangunan , sekaligus mengurangi penggunaan energi. Menurut World Resources Institute , kota-kota akan menggunakan hampir 75% penggunaan energi dunia pada tahun 2030, dengan bangunan yang menghabiskan lebih dari setengah konsumsi energi di sebagian besar kota. 


Selain desain berkelanjutan dan energi terbarukan, teknologi seperti AI dapat mendukung solusi smart grid dan menyediakan data serta prakiraan untuk mengoptimalkan penggunaan energi . Dari resor hingga bandara, penggunaan ruang oleh industri perjalanan akan berdampak besar pada inisiatif lingkungan global. 


(Juga, seperti yang kami sebutkan di pos transformasi digital kami , pastikan untuk memberikan kejelasan dan ketenangan pikiran saat membuat konten pada teknologi seperti AI dan pembelajaran mesin, karena banyak konsumen yang waspada terhadap inovasi ini).


Organisasi perjalanan juga dapat menggunakan solusi digital untuk menginspirasi keputusan perjalanan yang berkelanjutan. Dari pramutamu tanpa kontak hingga panduan perjalanan yang disesuaikan , konten kreatif Anda dapat membantu memandu audiens perjalanan Anda dengan informasi yang baik tentang keberlanjutan di seluruh pengalaman perjalanan.


Bagaimana menarik pelanggan melalui keberlanjutan

Sebagai organisasi perjalanan, bagaimana Anda dapat terhubung dengan audiens Anda dalam inisiatif perjalanan berkelanjutan? Pertama, penting untuk menguraikan dengan jelas nilai, sasaran, dan kemajuan Anda saat ini . Misalnya, di sini UNWTO memberikan informasi yang luas tentang berbagai elemen pariwisata berkelanjutan. Banyak organisasi perjalanan juga merilis studi lingkungan tahunan, yang dapat memberikan informasi penting untuk tamu Anda.


Selanjutnya, jadilah kreatif! Wisatawan tertarik pada foto pemandangan menakjubkan, situs kuno, dan keajaiban alam. Anda dapat menggunakan platform media sosial atau saluran pemasaran email untuk menginformasikan dan menginspirasi tamu Anda . Yang terpenting, jadilah otentik. Keberlanjutan bukanlah tren, tetapi cara hidup. Gambarkan kepada tamu Anda langkah-langkah yang diambil tim Anda untuk mencapai Net Zero dan berinvestasi di masa depan.


Bagaimana menarik pelanggan melalui keberlanjutan


Dan jangan remehkan nilai upaya pemasaran seperti SEO atau kampanye pencarian berbayar. Dari akomodasi berkelanjutan hingga peluang ekowisata, wisatawan mencari pengalaman tak terlupakan yang memperkaya lingkungan. Implementasi SEO yang bijaksana dapat secara efektif menghubungkan wisatawan dengan konten Anda .


Perjalanan Berkelanjutan: Organisasi yang memimpin

Ada banyak gerakan dalam hal perjalanan berkelanjutan. Berikut adalah pengumuman terbaru, dan proyek yang akan segera diluncurkan:


Royal Caribbean mengumumkan kemitraan barunya dengan World Wildlife Fund bulan ini. Selain kontribusi $5 juta, Royal Caribbean bekerja sama dengan WWF menuju sejumlah tujuan keberlanjutan, termasuk pengurangan emisi dan sumber makanan laut yang berkelanjutan.

Platform perjalanan Copolo telah bermitra dengan CHOOOSE , sebuah perusahaan teknologi iklim. Bersama-sama mereka mempercepat akses dan adopsi solusi iklim di berbagai teknologi utama – mulai dari solusi berbasis alam hingga penghilangan karbon hingga Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan.

Republik Palau memprakarsai program baru yang akan memberi penghargaan kepada wisatawan atas pilihan perjalanan yang bertanggung jawab. Aplikasi Ol'au Palau mereka - diluncurkan tahun ini - akan memungkinkan wisatawan mengumpulkan poin untuk keputusan berkelanjutan seperti menggunakan tabir surya yang aman untuk terumbu karang atau mendukung bisnis lokal yang ramah lingkungan. Sebagai imbalannya, wisatawan akan mendapatkan akses ke permata tersembunyi murni dan wisata pribadi.

Industri penerbangan mendapatkan dorongan ramah lingkungan, milik NASA . NASA memiliki serangkaian proyek bergerak seputar SAF (Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan) dan teknologi inovatif, termasuk pesawat eksperimental semua listrik , X-57, yang akan memulai penerbangan awal tahun ini.

Kami akan menyelami berbagai elemen perjalanan dan pariwisata berkelanjutan dalam beberapa minggu mendatang. Berlangganan ke blog kami untuk tetap mengetahuinya.


Panduan ramah lingkungan yang disesuaikan